Lombok Tengah – Sebanyak 47 Anak didik Pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Lombok Tengah mengikuti upacara bendera, Senin (27/9). Seperti biasanya, upacara ini rutin dilaksankan setiap hari senin dengan andikpas bertindak sebagai petugas upacara.

Upacara yang dipimpin oleh Kepala Seksi PPD, Puska Apriyanto, dilaksanakan di Lapangan Tenis kantor LPKA Lombok Tengah yang diselenggarakan mulai pukul 09.00 WITA.

Dalam kesempatannya Puska menyampaikan bahwa upacara ini merupakan salah satu bimbingan kepada anak didik agar mereka memahami makna kebangsaan dan menikatkan jiwa nasionalisme. “Upacara bendera ini sekaligus sarana efektif untuk menguatkan jiwa nasionalisme bagi seluruh anak didik dan juga melatih kedisiplinan agar menjadi anak yang lebih baik nantinya,” tutur Puska.

Puska juga menambahkan bahwa pentingkan peran pemuda bagi kemajuan bangsa Indonesia. Andikpas LPKA Loteng diminta untuk menjadikan pemuda-pemuda dalam islam untuk meneladani sifat dan perbuatan mereka untuk dijadikan contoh dalam menjalani kehidupan.

“Ada banyak contoh pemuda-pemuda dalam islam yang bisa adik-adik teladani dari sifat dan perbuatannya agar dipelajari dan dijadikan contoh dalam berkehidupan beragama, berbangsa dan bernegara”. Terangnya.

Upacara kesadaran berbangsa dan bernegara ini juga dirangkaikan dengan pembagian hadiah pada kegaitan lomba dalam rangka menyambut hari maulid nabi besar Muhammad yang telah di selenggarakan sebelumnya. Turut hadir dalam pemberian hadiah para pejabat struktural LPKA Loteng.

Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta upacara yang mengikuti kegiatan dengan khidmat, sehingga upacara berjalan dengan aman dan tertib.

Eza